Minggu, 03 Agustus 2008

Benteng Pendem


Benteng Pendem terletak di perbukitan Dukuh Kalimaro, Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di ketinggian 200 meter dari permukaan laut.

Benteng ini merupakan benteng peninggalan Balatentara Dai Nipon Jepang sewaktu menjajah di Indonesia. Benteng Pendem dibangun pada tahun 1945. Adapun jumlahnya terdiri atas 29 buah. Menurut kegunaannya benteng-benteng tadi terbagi dalam beberapa jenis. Yakni benteng pos penjagaan, benteng telekomunikasi, benteng pengintai, benteng logistik, benteng komando dan benteng peristirahatan prajurit. Tujuan dibangunnya benteng ini adalah untuk pusat pertahanan Balatentara Dai Nipon Jepang dari serangan sekutu. Terutama serangan dari arah Samudera Indonesia.

Lokasi benteng yang semula terpendam tanah kini sudah digali keberadaannya. Sehingga bisa dilihat secara keseluruhan bagi para pengunjung di sana. Kini keberadaannya sering dikunjungi oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Tak heran jika musim liburan tiba, lokasi benteng ini cukup ramai.

Ada beberapa hal menarik yang bisa dinikmati di sana. Di samping menyaksikan bangunan bersejarah sebagai saksi bisu kekejaman penjajahan Jepang pada waktu itu, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan indah. Bentangan garis pantai selatan dari barat ke timur juga dapat disaksikan dari tempat ini. Suasana kekeluargaan penduduk pedesaan di sekitarnya juga menambah kenyamanan bagi para pengunjung.

Lokasi Benteng Pendem juga mudah dijangkau oleh alat transportasi. Baik roda dua maupun roda empat. Jalan menuju lokasi sudah diaspal. Adapun rute jalan yang mudah ditempuh adalah melalui persimpangan Jalan Purworejo-Jogjakarta Km. 13 (pertigaan jalan sebelah setalan Pasar Krendetan-re)-Desa Somorejo-Desa Tlogokotes-lokasi Benteng Pendem. Jarak tempuh dari jalan utama Purworejo-Jogjakarta hingga lokasi kurang lebih 4 kilometer. (Redaksi)

Tidak ada komentar: